rss

27 Maret 2010

Ilmu itu Taman surga


Nabi Muhammad SAW bersabd:”Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?" Nabi Saw menjawab, "Majelis-majelis taklim." (HR. Ath-Thabrani)”

Begitu pentingnya ilmu sehingga tempat mncari ilmu disebut taman surga, pada hadits lainnya:”Man salaka thariiqay yaltamisu fii hi ilman,Sahhallaahu thoriiqan ilal jannah”..Artinya: Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR. Muslim)

Namun apa yang terjadi di indonesia terkait soal ke surga, entah siapa yag mengarang sebuah pepatah, pepatah yg salah, tapi terkenal, yang bunyinya

· Muda Foya Foya

· Tua Kaya Raya

· Mati Masuk Surga

Pepatah itu adalah pepatah yang hampir mustahil terjadi, bila muda foya-foya dan tak bertobat.Kenyataanya yang sering terjadi adalah, apabila:

· Muda Foya Foya

· Cendrung banyak maksiyatnya

· Bisa terjerat Narkoba

· Bisa Masuk Penjara

· atau bisa Mati masuk neraka

naudzubillah..

Maka Islam memberi jalan apa bila kita yang ingin

· bahagia,

· tua kaya raya

· dan mati masuk surga

bukan dengan cara Foya foya tetapi dengan iqra atau membaca atau dengan mencari Ilmunya apakah itu:

· Ilmu dari sekolah

· Ilmu dari Kuliah dan

· Ilmu dari Masjid2 (majelis Taklim) dan sebagainya

dengan ilmu, manusia bisa berbuat sesuatu. sesuatu karya yang baik disebut amal shalih

· amal=perbuatan

· shalih=kebaikan

di negara2 maju, penduduknya banyak yg belum beriman tetapi mereka beramal shalih atau (berkarya),

karena mereka rajin menuntut Ilmu maka mereka mampu mengasilkan alat2 teknologi yang bermanfaat, sehingga hidupnya lebih mudah bagaikan mendapat surga dunia sesuai hadits nabi mengenai mudahnya jalan ke surga yaitu dengan Ilmu, tanpa mereka sadari mereka mengamalkan sabda nabi tersebut: Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR. Muslim).. baik surga di dunia maupun surga di akhirat. padahal surga dunia sangat kecil bila dibandingkan Surga di Akhirat…. Perbandingan dunia dengan akhirat seperti seorang yang mencelupkan jari tangannya ke dalam laut lalu diangkatnya dan dilihatnya apa yang diperolehnya. (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

maka dari itu, hampir semua masjid menyediakan fasilitas menambah Ilmu (majlis taklim), menyediakan bacaan perpustakaan untuk dibaca agar memudahkan hambanya menuju Surga.Karena Allah perintahkan manusia untuk Iqra ! (bacalah) di surah Al Alaq 1-5 Manusia yang banyak membaca akan banyak Ilmunya, akan banyak hal yang bisa disampaikan, bagaikan teko yang selalu diisi air minum, maka akan kelebihan air akan tumpah membagi2kan ilmunya lewat lisan maupun tulisan.Sebaliknya…Orang yang malas menuntut ilmu, malas mendengarkan majelis taklim dan/atau malas membaca biasanya hidupnya akan membosankan, karena hidupnya tiada sesuatu yang baru, hanya itu itu melulu, karena ruhnya jarang diisi ilmu dan jarang diisi dengan bacaan Ayat Ayat AlQuran. maka dari itu, kita perlu ingat kembali pada pentingnya Ilmu dengan menghadiri majelis Ilmu, karena menuntut ilmu hukumnya wajib. Nabi bersabda muhammad saw: Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah).. Tanpa memandang siapa yang membagikan ilmu, apakah masih muda atau Tua yang penting apa yang disampaikannya adalah Ayat-ayat Allahkalau ada orang yang meremehkan Ilmu, meremehkan kebenaran meremehkan orang yang membagikan Ilmu, hanya karena masih muda atau sebab lainnya, khawatir orang itu termasuk orang yang sombong seperti sabda nabi yang artinya:

Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan (meremehkan) manusia”

(Hadits Riwayat Muslim, at Tirmidzi dan Abu Daud).

AlFurqan adalah nama lain dari AlQuran yang artinya Penyaring/Pembeda antara kebaikan dan keburukan. Orang yang memiliki Furqan akan bisa menyaring kebaikan dan menjauhi keburukan, tahu dan mengerti cara membedakan kebaikan dan keburukan. Juga berkat rajin menuntut ilmu dan beribadah. Ilmu sangat penting dan sangat perlu kita perbarui setiap hari karena sebagai manusia kita tempatnya lupa maka kita perlu orang lain yang mengingatkannya yaitu dengan cara :

· rajin menghadiri majelis taklim tanpa memandang usia,

· dengan banyak membaca,AlQuran dan terjemahannya,

· banyak membaca buku islamnya

karena Ilmu sangat penting untuk orang tua dan muda, untuk kita semua. Sebagai motivasi mari kita ingat kembali manfaat dan keuntungan Keuntungan Menuntut Ilmu:

1. bisa membuat kita dimudahkan jalan ke surga.

2. Duduk bersama Ulama sudah dianggap ibadah.

Duduk bersama para ulama adalah ibadah. (HR. Ad-Dailami)

3. Mendapat taman surga dunia

Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud taman-taman surga itu?" Nabi Saw menjawab, "Majelis-majelis taklim." (HR. Ath-Thabrani)

aamiin.... Demikian, kata-kata yang benar datangnya hanya dari Allah. kata-kata yang salah datangnya dari saya, mohon dimaafkan dan kepada Allah saya mohon ampunan. Waswwb




1 komentar:

SyahidaComputer on 1 April 2010 16.22 mengatakan...

Betul Shob, Mau masuk surga ada ilmunya seperti artikel diatas..
Mantab sekali ...


Posting Komentar